Lionel Messi Dan Barcelona

Messi Dan Barcelona

Messi adalah seorang anak muda asal Argentina yang memulai debut pertamanya di Spanyol untuk bermain bersama Barcelona. Messi atau Lionel Messi lahir pada tanggal 24 Juni 1987 di Rosario, Argentina. Pria yang kini telah berkeluarga dengan memiliki 3 orang anak sangat cinta akan dunia sepak bola. Kesetiaanya dalam bermain sepak bola dintunjukannya dengan penghargaan serta loyalitas yang ia miliki. Berikut ini adalah sedikit sejarah mengenai Messi dan Barcelona.

Messi memulai untuk mengasah hobbynya sejak tahun 1995 dikala ia berumur 8 tahun. Diusia yang masih sangat muda tersebut, Messi telah bergabung dengan Newell’s Old Boys yang ada di Argentina. Disana ia mengasah kemampuannya selama 5 tahun sembari membentuk karakternya. Messi mulai pindah ke Spanyol pada tahun 2000 yang mana kemudian ia mulai bergabung dengan tim Barcelona.

Barcelona

Messi memulai karirnya di Barcelona dengan bergabung bersama tim junior. Ia juga bermain dalam Infantil B, Cadete B dan A selama 3 tahun. Meskipun terbilang cukup muda dengan umur 13 tahun, Messi sudah mampu mencetak 37 gol dalam 30 laga di Cadete A.  setelah kesuksesaanya dalam tim junior, kini Messi di promosikan untuk bermain di tim senior. Awal mulanya ia tampil di tim senior pada tanggal 16 November 2003, meskipun usianya masih sangat muda yaitu 16 tahun namun ia tetap turut di ikutkan dalam liga persahabatan melawan FC Porto.

Kemudian Messi mendapat kepercayaan dari sang pelatih untuk memulai debutnya di La Liga. Dikala itu usia Messi masih sangat muda yaitu kisaran 17 menjelang 18 tahun. Pada musim 2003 – 2004, Messi telah mencetak 6 gol dari 17 laga. Kemudian pada tahun 2005 tepatnya Messi berumur 18 tahun, Messi menjadi pencetak gol termuda saat ini melawan Alabcete Balompie. Disinilah karir Messi semakin meningkat. Barcelona memutuskan untuk memperpanjang kontrak Messi hingga 2014.

Pada tahun 2006 Messi telah dipertahankan menjadi tim utam klub sepak bola ternama Spanyol yaitu Barcelona. Messi pun tidak menyianyiakan apa yang ia dapatkan dengan memberikan 14 gol dalam 26 laga. Berlanjut pada 2007, Messi berhasil menciptakan goll of the year. Dikala itu, Messi memang dijuluki sebagai maradona yang baru, keduanya memang memiliki beberapa kemiripan selain latar belakang berasal dari Argentina. Tepatnya pada semi final copa del rey, Messi menciptakan gol tersebut yang sempat menjadi perbincangan banyak orang.

Tak terasa pada musim 2007 – 2008, Messi telah bermain di laga resmi untuk yang ke 100 kalinya. Di musim ini juga Messi menjadi nominasi World XI Player Award FIFPro sebagai kategori penyerang. Pada musim 2008 – 2009, Messi memulai permainanya bersama nomor punggung 10 yang merupakan warisan dari Ronaldinho. Di musim ini juga Messi kembali mencetak hat trick pada kompetisi Copa del Rey. Messi juga turut membantu keberhasilan Barcelona dalam Liga Champions. Di liga champions ini Messi memenangkan UEFA Club Forward Year dan UEFA Pemain Terbaik klub.

Karirnya terus berjalan dari tahun ke tahun hingga musim 2013 – 2014, ia di nominasikan sebagai pemain terbaik UEFA Eropa Award. Messi juga membantu timnya meraih gelar supercopa de espana. Namun sayangnya Messi juga mendapat cedera sebanyak 3 kali pada tahun ini. Cedera ini juga menjadi alasan ia harus absen hingga awal 2014.

Demikian sekilas mengenai sejarah Messi dan Barcelona. Hingga kini Messi masih mengabdi untuk Barcelona meskipun banyak tawaran berlimpah. Tingginya loyalitas Messi patut untuk dijadikan contoh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *